Animasi Teks Bergerak Penuh Warna Di Photoshop

Animasi-atau-gambar-bergerak-pada-teks-di-photoshop

Akhirnya bisa buat lagi gambar bergerak (GIF) menggunakan Photoshop! Dan, kali ini konsepnya diterapkan pada teks dengan variasi warna yang beragam. Setelah disimpan, bisa dilihat bahwa hasilnya seolah menampilkan gerakan pada teks yang sebenarnya adalah pergantian warna pada masing-masing huruf.

Caranya sangat mudah dan kunci utamanya ada pada dua bagian (elemen) yaitu pemberian warna yang berbeda pada hurufnya dan penerapan efek menggunakan timeline dengan jumlah frame tertentu.

Oh ya, karena hasil akhirnya adalah adanya "kesan" bergerak pada tulisan (kelap-kelip), jadi GIF pada panduan kali ini dibatasi oleh tidak adanya motion dari objek utama tersebut. Sehingga, hanya fokus pada transisi warna saja.

Apa manfaatnya GIF "statis" seperti ini?

Berbicara penggunaan sepertinya hanya imajinasi yang menjadi dinding pemisahnya. Terserah anda mau menggunakannya untuk apa selama itu untuk kebaikan. Cieeeee. Tapi jika diperhatikan, menurut pengalaman saya sendiri, di beberapa blog/website terkadang menampilkan banner iklan dengan desain seperti ini.

Jadi, jika anda nantinya membuka jasa desain atau memiliki blog untuk menampilkan iklan dengan efek seperti ini, saya berharap semoga tutorial yang akan disajikan bisa membantu anda dalam membuatnya.

Bisa kita mulai?

1. Ukuran dokumen/kanvas baru


Nah, saat Photoshopnya sudah dibuka, silahkan buat dokumen baru baik menggunakan shortcut key atau pun menu yang sudah disediakan. Mengenai ukuran/dimensi, saya tidak akan terlalu spesifik. Misalnya, untuk ukuran banner iklan di blog berapa kali berapa pixel atau cm. Jadi, saya buat ukuran sembarang saja yaitu 525 px X 210 px, dengan resolusi 72 dan background berwarna putih. Hitam juga boleh, karena nanti akan diubah juga.

Kalau sudah klik Ok, kita langsung saja ganti warna backgroundnya ya. Kode warna yang saya gunakan seperti gambar diatas untuk latar belakangnya adalah #02001c (Biru Tua). Ganti warnanya gunakan Shift + F5 saja supaya layernya pada tahap ini tetap satu saja. Ok? Sudah? Susah?

2. Memasukkan teks/tulisan dan merubah warnanya


Yang kedua ini saya rasa masih mudah, ya? gunakan saja Horizontal Type Tool (T) dan mulai menuliskan teks yang anda butuhkan. Saya sendiri menggunakan kata "WEIRDOISM" saja, silahkan berkreasi dengan tulisan lain jika dibutuhkan. Dan, buat 2 layer teks dengan isi yang sama tulisannya.

Untuk font-nya juga terserah anda, toh tidak berpengaruh. Yang penting kan efeknya dulu, betul?

Setelah itu, edit teksnya menggunakan Character tool dengan cara memilih masing-masing huruf dan mengganti warnanya supaya berbeda-beda. Ini salah satu langkah penting yang saya jelaskan sebagai 2 kunci utama sebelumnya.

Pada gambar hasil akhir diatas, saya menggunakan warna dengan susunan seperti yang ada pada Color Picker. Lebih jelasnya, saya memulai memberi warna pada huruf pertama dengan merah dan seterusnya. Lihat gambar di bawah ini mengenai susunan warna tersebut.

Tampilan-warna-pada-Color-Picker-di-Photoshop

Perhatikan tanda panah pertama diatas pada sebelah kanan yang mengarah ke bawah, itulah warna pertama yang saya gunakan. Begitu seterusnya untuk warna lainnya bisa teman-teman lihat pergerakan tanda panahnya. Paham ya, guys? Kalau belum, ini tampilan kedua layer teks dengan warna yang sudah saya ubah.

Dua-layer-teks-yang-sudah-diubah-warna-hurufnya

Setelah itu, pilih kedua layer teks tersebut dan klik Ctrl + A untuk membuat seleksi pada seluruh bidang kanvas yang berisi tulisan, lalu tempatkan teks pada posisi tengah baik secara vertikal maupun horisontal.

Menempatkan-teks-di-tengah-kanvas

3. Mulai membuat frame dan animasinya


Klik Timeline yang berada di bagian bawah panel/kanvas lalu pilih Create Frame Animation. Bahasa Indonesianya ya, Buat Frame Animasi. Itu terjemahan bebas saya saja, ya. hehehe.

Membuat-frame-di-timeline-photoshop

Jika panel frame sudah terbuka pada timeline, layer yang harus anda tampilkan adalah layer background dan teks pertama saja. Sedangkan, layer ketiga (teks paling atas) disembunyikan saja dulu dengan menghilangkan ikon mata pada layernya.

Kemudian, klik pada Duplicate selected layer untuk membuat frame baru. Pada frame kedua ini, layer yang hanya anda tampilkan adalah layer background dan layer teks kedua. Sedangkan, teks pertama harus anda sembunyikan. Untuk lebih jelasnya, lihat gambar mengenai langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara-pembuatan-frame-animasi-di-photoshop

Jika sudah mengkuti tahapan diatas, maka yang perlu anda lakukan selanjutnya adalah mengatur waktu muncul masing-masing frame. Apakah teksnya berubah warna dalam waktu 1 atau 2 detik saja atau dibawahnya. Atau malah lebih lama?

Dari gambar diatas, terlihat adanya menu yang bertuliskan 0.2 sec (0.2 detik). Artinya, masing-masing frame akan berpindah ke frame lainnya hanya dalam waktu 0.2 detik tersebut. Dan, waktu yang saya gunakan adalah pengaturan seperti itu untuk gambar pertama yang anda lihat diatas.

Kalau ingin lebih, pilihan yang paling cepat adalah No Delay. Jadi benar-benar tidak ada jeda, sehingga anda akan pusing lihat gambarnya.

Jangan lupa juga ganti opsinya ke Forever agar animasinya tidak berhenti. Non-stop 24 jam penuh.

Dan, selesai! Silahkan save gambarnya dengan menekan Alt + Shift + Ctrl + S atau memilih menu File - Save for Web. Pilih format atau tipe file GIF untuk menyimpan gambar bergerak tersebut.

Jika ada pertanyaan mengenai tutorial cara membuat animasi teks bergerak penuh warna di Photoshop ini, silahkan sampaikan di komentar. Dan, mengenai tutorial pertama, untuk lebih jelasnya anda bisa baca disini: Membuat animasi bergerak (GIF) dari nol sampai jadi di Photoshop.

Jangan lupa bagikan panduan ini dengan orang lain ya. Siapa tahu ada teman anda yang sedang ingin belajar topik yang sama. Terima kasih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »