Belajar Cara Membuat Animasi Gambar Bergerak (GIF) Sederhana Dari NOL Sampai Jadi Di Photoshop

DesainGrafisTut.blogspot.com kali ini akan memberikan cara membuat gambar animasi bergerak sederhana atau yang biasa juga dikenal dengan istilah GIF menggunakan Photoshop. Hasilnya dapat anda lihat pada grafis di bawah ini.

Tutorial-Cara-Membuat-Animasi-GIF-Gambar-Bergerak-di-Photoshop

Pada dasarnya, GIF (Graphic Interchange Format) merupakan bentuk grafis yang sering dipakai untuk kebutuhan desain suatu website, dan hal ini juga yang menjadi alasan kenapa banyak beredar format gambar bergerak ini di dunia Internet.

Bahkan, Gif juga bisa anda gunakan sebagai DP aplikasi seperti BBM.

Untuk membuatnya, pada tutorial ini secara garis besar terdiri atas 3 langkah yang harus dilakukan. Pertama adalah dengan membuat background/gambar latar belakang. Kedua, anda akan menerapkan efek teks sederhana pada kata/tulisan yang digunakan untuk membuatnya lebih menarik. Dan, yang terakhir adalah dengan membuat efek bergerak pada teks hingga menyimpannya di laptop/komputer anda.

Selain teks, sebenarnya anda juga bisa menggantinya menggunakan gambar atau pun elemen grafis lainnya. Namun, untuk saat ini, apalagi ini barulah tutorial dasar, maka kita akan menggunakan teks saja dulu, ok?

Berikut panduan yang bisa anda ikuti.

1. Pengaturan pembuatan dokumen baru dan background-nya


Silahkan anda buat dokumen baru di Photoshop menggunakan shortcut Ctrl + N lalu seting ukuran/dimensi kanvasnya menjadi:
Width: 750 Pixels, Height: 320 Pixels, Resolution: 72 PPI, dan Background Contents: White (putih).

Dimensi-atau-ukuran-dokumen-baru-untuk-gambar-bergerak

Klik Ok jika sudah, lalu ubah warna latar pada layer background tersebut dengan warna gradasi (paduan lebih dari satu warna) menggunakan Gradient Fill adjustment layer yang bisa diakses pada bagian bawah panel layer anda. Berikut pengaturan-pengaturan serta warna dan kodenya (#) yang saya terapkan.

Pengaturan-warna-latar-gambar-bergerak-menggunakan-Gradient-Fill-adjustment-layer-di-Photoshop

Klik Ok kembali untuk menutup kotak dialog gradient fill. Dan, pada tahap ini anda sudah selesai berurusan dengan latar belakang gambar. Silahkan improvisasi jika anda menghendaki warna lainnya.

2. Memasukkan teks dan menerapkan efek sederhana


Untuk mulai menuliskan kata yang ingin anda gunakan, silahkan pilih Horizontal Type Tool pada toolbar atau tekan saja huruf T pada keyboard anda sebagai shortcutnya. Lalu, klik pada kanvas untuk mulai menginput teks. Saya menggunakan kata "PHOTOGRAPHY" dalam tutorial ini sebagaimana juga sudah anda lihat pada gambar gif diatas. Untuk warna teksnya, silahkan ganti kode warnanya menjadi #ff6c00 agar berwarna Orange.

Setelah selesai, pilih Move Tool (V) lalu tekan Ctrl + A untuk melakukan seleksi pada seluruh bidang kanvas. Lalu, pada option bar yang terletak tepat di bawah menu Photoshop, lalu klik pada Allign Vertical Centers  dan Allign Horizontal Centers untuk memposisikan teks yang baru saja anda ketikkan agar berada di tengah bidang/kanvas baik secara vertikal maupun horisontal. Intinya, membuat teks tersebut berada tepat di bagian tengah. Lihat gambar dibawah ini mengenai langkah-langkahnya.

Memposisikan-teks-untuk-gambar-bergerak-di-bagian-tengah-kanvas

Setelah itu, mari memberikan teks tersebut efek sederhana menggunakan layer style. Untuk membuka layer style, silahkan klik 2X pada layer teks atau klik kanan dan pilih Blending Options. Pada bagian ini, akan ada 3 efek yang harus anda terapkan jika menginginkan hasil yang sama seperti yang saya dapatkan yaitu Stroke untuk efek garis luar/tepi teks, Inner Shadow untuk efek bayangan bagian dalam tulisan dan Drop Shadow yang merupakan kebalikan dari inner shadow (bayangan berada di luar teks). Berikut masing-masing setingan dari ke-3 efek yang sudah saya jelaskan.

Pengaturan Stroke:


Pengaturan-Stroke-untuk-teks-bergerak

Pengaturan Inner Shadow:


Pengaturan-Inner-Shadow-untuk-teks-bergerak

Dan, pengaturan Drop Shadow:


Pengaturan-Drop-Shadow-untuk-teks-bergerak

Sekali lagi, jangan lupa untuk klik Ok untuk menutup pengaturan layer style ini. Karena saat ini, sudah tidak dibutuhkan pengaturan tambahan lainnya. Sejauh ini, berikut gambar mengenai pengaturan dan isi layer yang saya gunakan serta tampilan teks pada langkah ke-2 ini.

Susunal-layer-untuk-gambar-bergerak-beserta-tampilan-efek-teks-yang-telah-diterapkan

Setidaknya, untuk efek teksnya lumayanlah, ya? hehe.

3. Mulai membuat animasi gambar bergerak pada teks


Langkah pertama untuk mulai membuat animasi adalah dengan melakukan klik sebanyak 2X pada menu Timeline yang berada di bagian bawah kanvas/bidang kerja Photoshop. Jika belum ada, silahkan gunakan menu Window - Timeline. Jika sudah terbuka, pilih Create Frame Animation.

Cara-mengakses-timeline-di-Photoshop-dan-menu-animasinya

Jika sudah terbuka dan ditampilkan bagian frame pada timeline Photoshop, maka anda akan melihat terdapat satu frame (angka 1) aktif disana. Artinya, ini merupakan frame pertama yang akan muncul ketika anda membuat gambar bergerak tersebut. Jika pada frame ini anda menyembunyikan semua layer baik background maupun layer teks dan hanya tampil layer transparan (blank), maka itu pula lah yang akan ditampilkan (kosong). Lalu, apa yang harus dilakukan selanjutnya?

Jika anda perhatikan kembali pada gambar bergerak diawal, terlihat bahwa teks yang saya berikan animasi muncul dari arah sebelah kiri bidang kanvas menuju arah kanan. Dan, dalam mode lambat dari berbagai setingan yang saya berikan, proses pergerakan tersebut dapat digambarkan sebagai berikut:
"Kosong [latar saja] → Muncul teks bergerak dari kiri ke kanan → kosong"
Dan, begitu seterusnya proses yang saya terapkan pada tampilan GIF di awal. Nah, untuk membuat efek yang sama dengan proses seperti yang saya jelaskan tersebut, ikuti langkah-langkah ini.

Pada frame no.1 tersebut, langsung ubah posisi teks dengan menempatkannya pada bagian sebelah kiri hingga benar-benar tidak terlihat. Saat menggesernya, gunakan Move Tool (V) sambil menekan Shift pada keyboard agar selalu berada di tengah. Bisa juga menggesernya menggunakan tanda panah yang ada di keyboard, hanya mungkin akan sedikit memakan waktu. Lihat petunjuk di bawah ini supaya lebih mudah dipahami.

Memposisikan-teks-pada-sisi-kiri-kanvas-hingga-tidak-terlihat

Perhatikan bahwa pada frame 1 diatas, saya merubah penempatan teks pada bagian kiri. Dan, harus benar-benar tidak terlihat. Jika sudah, lanjut ke langkah berikutnya dengan membuat frame kedua menggunakan Duplicates Selected Frames yang memiliki simbol kertas terlipat. Dan, sesuai namanya, fungsinya adalah menduplikat/menggandakan frame yang terpilih (terseleksi) yang dalam hal ini adalah frame no. 1.

Sesaat kemudian, anda akan melihat frame no. 2 hasil dupikat tersebut (frame baru) yang isinya sama persis dengan yang ada pada frame pertama. Lalu, pada frame ke-2 ini, geser teks ke arah kanan hingga tidak terlihat seperti sebelumnya. Berikut langkah-langkah pembuatannya.

Menggeser-teks-ke-arah-kanan-hingga-tidak-terlihat

Pastikan bahwa saat ini frame yang aktif adalah yang kedua, lalu pilih Tweens animation frames yang ikonnya adalah gambar 4 lingkaran berada tepat di sebelah kiri duplicates selected frames tadi. Saat kotak dialog/pengaturannya ditampilkan, terapakan pengaturan sebagai berikut.

Pengaturan-tweens-animation-frames-di-Photoshop

Pada langkah diatas, tweening yang digunakan adalah previous frame (frame sebelumnya) dengan jumlah frame sebanyak 40. Apa artinya tween ini? Maknanya adalah frame tambahan yang akan ada ketika anda menekan Ok pada pilihan diatas yaitu sebanyak 40 frame baru. Karena anda saat ini hanya memiliki 2 frame, dengan tween tersebut maka total jumlah frame yang nantinya akan anda miliki adalah 42 frame. Dan, ke-40 frame tersebut akan berada diantara frame 1 dan 2 (1 dan 42).

Setelah anda menekan Ok pada pilihan diatas, maka sebenarnya anda sudah selesai atau sekitar 98% proses pembuatan gambar bergerak ini telah dicapai.

Selanjutnya, seleksi semua frame yang sudah anda miliki saat ini (42), lalu ubah waktu pada salah satu frame menjadi No Delay/0 second (tidak ada jeda antara frame), seting animasinya menjadi Forever agar bergerak terus, dan klik tombol play (mainkan) untuk melihat hasilnya.

Pengaturan-waktu-animasi-per-frame

Silahkan bermain-main dengan jumlah frame yang akan anda gunakan, juga waktu untuk tiap frame agar anda bisa melihat perbandingannya.

4. Menyimpan animasi gambar bergerak dalam format .gif


Pengaturan diatas adalah yang terakhir untuk membuat gambar bergerak. Selanjutnya, untuk menyimpannya sangatlah mudah. Anda bisa menekan Ctrl + Shift + Alt + S pada keyboard atau menggunakan menu File - Save for Web. Berikut pengaturan yang saya gunakan untuk men-save gambar gif ini.

Menyimpan-gambar-bergerak-dalam-format-gif

Jika sudah, untuk melihat hasilnya, anda juga bisa menggunakan browser seperti Google Chrome maupun yang lainnya. Baik terkoneksi ke jaringan internet maupun tidak. Buka browser anda, lalu pilih dimana anda menyimpan gambar bergerak tersebut. Klik dan seret ke arah browser.

Dan, tereeeeeeeeeeenggggg...

Selamat. Saat ini seharusnya anda sudah tahu, paling tidak beberapa hal yang harus dilakukan untuk membuat animasi gambar bergerak (GIF) sederhana dari NOL sampai benar-benar jadi menggunakan Photoshop. Semoga bermanfaat dan mudah-mudahan anda bisa mengikuti panduannya dengan baik.

Baca juga ini:
- Cara Memasukkan Foto dan Elemen Grafis Lainnya Kedalam Teks di Photoshop, dan;
- Cara Membuat Efek Teks Emas & Refleksi Realistiknya Menggunakan Photoshop.

Ada pertanyaan?

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »