Begini Cara Mudah Membuat Desain Dengan Motif Kotak-Kotak (Grids) Di Photoshop

Cara-membuat-desain-kotak-kotak-atau-grids-di-Photoshop

Pada kesempatan kali ini, blog DesainGrafisTut akan menyajikan tutorial cara membuat desain kotak-kotak (grids) di Photoshop.

Seperti terlihat pada gambar diatas yang terdiri atas 5 kombinasi warna dominan seperti merah, coklat, biru, kuning dan htam putih, maka panduan ini akan memberikan panduan membuat kotak-kotak tersebut dengan warna hitam putih (grayscale juga kali ya nyebutnya) terlebih dahulu. Dan, pada tahap akhir, akan diperlihatkan juga mengenai bagaimana membuat warna grid ke-4nya.

Desain kotak-kotak ini juga terinspirasi dari motif/model kain adat Bali yang biasanya berwarna hitam putih yang juga biasanya digunakan oleh saudara-saudara kita disana. Pada beberapa kesempatan, motif tersebut juga banyak ditemui di pepohonan dan juga di patung.

Nah, sudah tahukan latar belakang tutorial ini? Selain itu, ini juga bisa untuk membuat gambar layer blank/transparan di Photoshop. Kalau begitu, silahkan lanjutkan membaca step by step pembuatan motif kotak-kotak (grids).

1. Ukuran/dimensi dokumen baru di Photoshop


Jika PS-nya sudah dibuka, silahkan buat dokumen baru baik dengan menggunakan shortcut Ctrl + N maupun dengan memilih menu File – New. Setelah itu, atur ukuran kanvasnya menjadi 700px X 400 px dengan resolusi 72 PPI (Pixel/Inch), dan gunakan warna putih sebagai backgroundnya. Mengenai warna latar ini sebenarnya warna apa saja gak jadi masalah karena nanti akan di ganti juga dengan warna gradasi.

2. Merubah warna pada layer background


Jika sudah, silahkan anda pilih pilih Gradient Tool (G) yang ada di toolbar sebelah kiri. Kemudian, perhatikan pada option bar yang terletak di bawah menu utama Photoshop. Disini, anda akan memilih warna gradasi (perpaduan beberapa warna) yang akan digunakan. Dan, pada panduan ini, saya menggunakan paduan warna Violet, Green, dan Orange seperti yang ditampilkan pada gambar di bawah ini beserta dengan beberapa pengaturan lainnya.

Memlih-gradient-tool-dan-gradasi-warnanya-di-Photoshop

Setelah semua setingan diatas fix, klik pada kanvas (isi dokumen) dimulai dari sudut kanan atas hingga kiri bawah. Lihat contoh di bawah ini.

Titik-awal-dan-akhir-gradient-tool-di-Photoshop

Sesaat kemudian, layer background yang tadinya berwarna putih (solid) akan berubah menjadi warna gradient yang anda gunakan.

3. Membuat kotak grid


Langkah ketiga yaitu anda akan membuat kotak-kotak sebagaimana yang terlihat pada gambar pertama sebagai pembuka tutorial ini. Gridnya sendiri terlihat seperti saling tumpang tindih antara yang satu dengan yang lainnya hingga membentuk warna baru. Tapi, kali ini kita tidak akan meng-overlay masing-masing warna dengan membuat pattern atau pun cara manual lainnya.

Yang akan kita gunakan adalah salah satu filter bawaan Photoshop yaitu Wave.

Untuk memulainya, silahkan duplikat layer background tadi dan ubah saja namanya menjadi Grid atau Kotak. Nama lain juga terserah anda. Ini hanya untuk menginformasikan bahwa di layer inilah anda akan membuat bentuk tersebut.

Setelah selesai menggandakan layernya, jangan lupa untuk klik kanan dan pilih Convert to Smart Object. Jaga-jaga saja jangan sampai pada langkah kedepannya anda ingin kembali merubah lagi setingan pada layer ini.

Lalu, pilih Filter – Distort – Wave. Lihat gambar yang saya sertakan di bawah mengenai berbagai pengaturan di dalam filter ini.

Pengaturan-filter-Wave-untuk-membuat-Grids-di-Photoshop

Kalau sudah, jangan lupa klik Ok untuk menutupnya.

4. Membuat grid berwarna hitam putih


Nah, untuk paduan warna yang pertama ini, kita akan membuat yang bernuansa htam putih dulu seperti yang sudah disampaikan diatas. Caranya adalah dengan memilih adjustment layer pada bagian bawah panel layer anda dan pilih Black & White. Ini setingan yang bisa anda terapkan.

Pengaturan-Black-and-White-adjustment-layer-di-Photoshop

Setelah itu, pilih juga Brightness/Contrast dan gunakan pengaturan di bawah agar grid tersebut tidak terlalu gelap, melainkan sebaliknya (cerah/terang).

Pengaturan-Brightness-and-Contrast-adjustment-layer-di-Photoshop

Pada tahap ini, anda sudah sepenuhnya selesai membuat kotak grid berwarna hitam putih. Untuk membuat warna lainnya, silahkan lanjutkan membaca langkah ke-5.

5. Merubah warna grid menggunakan Gradient Map


Saat mengakses adjustment layer sebelumnya, dari sekian banyak pilihan yang tersedia, juga ada Gradient Map (bukan gradient fill, loh ya). Dan, itu terletak di bagian bawah kedua, tepat diatas Selective Color.

Klik gradient map tersebut lalu pilih perpaduan warna yang ingin anda gunakan. Apapun warna yang anda pilih pada gradient editor-nya, sesaat setelah itu anda akan melihat perubahan warna pada grid yang sudah anda buat.

Sangat berbeda dengan gradient fill, dimana kita harus merubah terlebih dahulu Blend Mode pada layer untuk melihat perubahan warna yang di overlay dengan gambar (tumpang tindih).

Dan, sekian.

Sepertinya hanya itu saja cara yang saya gunakan untuk membuat kotak grid baik hitam putih, grayscale, maupun berbagai warna lainnya sesuai yang diinginkan menggunakan Adobe Photoshop. Jika ada pertanyaan yang ingin disampaikan, anda pasti sudah tahu cara untuk melakukannya.

Silahkan baca juga: Cara Membuat Gambar Abstrak Mosaik Di Photoshop.

Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini, ya. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »