Tutorial Photoshop: Cara Membuat Efek Teks Emas (Gold Text Effect) Serta Refleksi Realistiknya

Tutorial-Photoshop-cara-membuat-teks-efek-emas-dan-bayangan-realistik

Blog DesainGrafisTut kali ini akan membahas mengenai tutorial cara membuat efek teks emas (Gold Text Effect) dan membuat refleksi atau pantulannya di Photoshop. Pada banyak tutorial Photoshop Bahasa Indonesia lainnya, banyak juga yang menyebutnya sebagai efek bayangan (shadow).

Mengenai efek refleksi, dari sekian banyak teknik yang bisa digunakan untuk membuat efek tersebut, setidaknya ada satu cara yang sangat efektif dan mudah untuk mengaplikasikannya pada banyak konsep desain seperti pembuatan spanduk, banner, dan banyak juga ditemui pada berbagai selebaran (flyer) promosi produk, Universitas dan sebagainya.

Dari judul diatas, anda sudah tahu bahwa akan ada 2 manfaat yang bisa didapatkan. Selain teks yang berwarna keemasan, membuat efek pantulan dan/ atau bayangan ini juga bisa anda gunakan pada gambar yang lebih kompleks seperti foto yang memiliki warna yang lebih beragam/variatif.

Dan saya rasa, tutorial ini sangat mudah. Bahkan bagi pemula sekalipun. Bagi yang sudah terbiasa, silahkan dilewati saja.

Font atau jenis huruf yang digunakan pada tutorial kali ini adalah Ebrima, sepertinya anda bisa mendapatkannya dengan mudah di situs seperti dafont.com. Maaf, penulis sudah lupa dimana mendapatkan font ini.

Dan, setelah melihat gambar diatas dan jika anda yakin untuk lanjut mengetahui bagaimana caranya, maka sebaiknya kita mulai sekarang tutorialnya. Ok?

1. Membuat dokumen baru dan mengubah warna background


Saat anda sudah membuka Photoshop, silahkan langsung saja gunakan shortcut key Ctrl + N dengan menekannya pada keyboard anda untuk membuat dokumen baru. Mengenai dimensinya saya menggunakan ukuran 525 pixels X 325 pixel.

Setelah itu, isi dokumen tersebut dengan warna apapun baik hitam amupun putih, karena nanti akan kita ubah juga dengan menerapkan gradasi warna. Klik Ok agar dokumen baru tersebut langsung muncul. Untuk mengubah warnanya, gunakan Gradient tool yang terletak pada bagian paling bawah sebelah kanan panel Photoshop. Gambar ikonnya adalah lingkaran yang terbentu dari warna hitam dan abu-abu. Klik lalu pilih gradient. Mengenai pengaturan warna yang saya gunakan, dapat anda lihat pada gambar di bawah ini.

Settingan-gradient-overlay-untuk-gambar-background

Sekarang, warna background dokumen anda sudah memiliki warna yang tergradasi dan anda saat ini memiliki 2 layer. Jika ingin menggunakan warna lainnya, silahkan lakukan langkah yang sama seperti sebelumnya. Jangan lupa juga untuk memilih kedua layer tersebut, kemudian klik kanan dan pilih Convert to Smart Object untuk menyatukan kedua layer tersebut menjadi satu layer agar lebih meminimalisir jumlah layer yang ada.

2. Pengaturan teks yang digunakan


Pada penjelasan diatas, sudah saya informasikan mengenai teks yang digunakan. Untuk menuliskan kata/teksnya, gunakan Horizontal Type Tool (T) yang terletak di sebelah kiri/pada toolbar Photoshop. Lalu, klik pada bagian dalam dokumen/kanvas untuk mulai menuliskannya. Tool ini juga sudah pernah saya bahas sebelumnya.

Silahkan baca disini: Cara memasukkan gambar/foto kedalam teks di Photoshop.

Pada tutorial kali ini saya menggunakan kata “MIRROR” untuk teksnya. Mengenai pengaturannya, cukup dengan menggunakan Character tool seperti yang juga dijelaskan pada link diatas. Ini pengaturan yang saya lakukan.

Pengaturan-teks-menggunakan-Character-Tool

3. Memberikan efek emas pada teks


Efek emas yang diberikan pada teks tersebut adalah dengan menggunakan Layer Style yang bisa anda buka dengan cara melakukan klik sebanyak 2X pada layer teks. Pada kotak dialog layer style ini, terdapat 6 efek yang harus anda centang dan atur untuk mendapatkan efek emas seperti yang saya hasilkan.

Masing-masing pengaturan ke-6 efek tersebut akan saya sertakan gambarnya agar anda lebih mudah untuk membuatnya. Yang pertama, adalah Gradient Overlay untuk merubah warna dasar dari teks yang digunakan.

Pengaturan-Gradient-Overlay-untuk-teks-emas

Efek kedua adalah Drop Shadow untuk memberikan sedikit bayangan pada bagian luar objek utama yang kita buat ini.

Pengaturan-Drop-Shadow

Ketiga adalah Stroke agar teks yang kita buat memiliki outline/garis tepi (luar).

Pengaturan-Stroke

Keempat anda akan memilih/mencentang Inner Shadow untuk membuat bayangan pada bagian dalam teks (kebalikan dari Drop Shadow).

Setingan-Inner-Shadow

Efek yang kelima adalah Inner Glow untuk mendapatkan kesan cahaya yang berpijar (bahasa inggrisnya memang glow sih).

Pengaturan-Inner-Glow

Dan, yang terakhir adalah Satin. Di Indonesia biasanya juga kan kita mengenal kain berbahan satin. Warna yang dihasilkannya memang terkesan mengkilap. Ini juga yang saya gunakan pada tutorial ini untuk menciptakan efek tersebut.

Pengaturan-Satin-di-Layer-Style

Jika semua pengaturan pada layer style diatas sudah anda terapkan, klik Ok untuk menutup kotak dialognya. Pada tahap ini, efek emas yang saya hasilkan seharusnya sudah sama dengan anda.

4. Membuat efek refleksi (pantulan/bayangan) realistik


Untuk membuat teks tersebut memiliki bayangan yang realistik (nyata) sesuai dengan apa yang ditampilkan, ada banyak cara dan teknik yang digunakan. Namun, dalam tutorial kali ini, saya hanya akan memberikan satu cara saja.

Teknik yang akan saya bagikan ini sangat mudah dan juga banyak digunakan oleh banyak kalangan profesional lainnya baik dalam bidang Fotografi maupun Graphic Design. Silahkan di simak dengan baik.

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah dengan merubah layer teks yang sudah diberikan efek emas tersebut menjadi layer Smart Object seperti yang sudah dijelaskan pada langkah pertama ketika menggabungkan layer background.

Setelah itu, duplikat/gandakan layer teks tersebut dengan menekan Ctrl + J pada keyboard anda. Silahkan ubah nama layer teks baru tersebut sesuai dengan yang anda inginkan. Kalau saya merubahnya menjadi “Refleksi” karena layer inilah yang akan digunakan sebagai bayangan/pantulan dari teks utama.

Kemudian, rubah posisi/penempatan layer refleksi ini supaya berada pas dibawah teks utama. Pada tahap ini, anda akan mentransformasikan teks tersebut yang dalam hal ini adalah dengan membalik teks secara vertikal. Untuk melakukannya, tekan Ctrl + T lalu klik kanan diatas gambar tersebut dan pilih Flip Vertical. Tidak butuh waktu lama, maka anda akan melihat teks sudah dalam posisi terbalik dan memang seperti inilah bayangan/pantulan terlihat pada kenyataannya.

Membalik-tulisan-menggunakan-Flip-Vertical-pada-Transformation-Tool

Jika sudah (masih di layer refleksi), klik kana dan pilih Rasterize Layer. Setelah itu, klik Add Layer Mask pada panel paling bawah layer Photoshop (Ikonnya adalah kotak berwarna abu-abu dengan lingkaran hitam di tengahnya). Setelah di klik, layer refleksi tersebut akan ditambahkan dengan kotak berwarna putih pada sisi kanannya dan juga ikon rantai (link) yang mengindikasikan bahwa layer mask dan isi layer refleksi tersebut sudah terkait/saling berhubungan.

Keterhubungan ini bermakna bahwa setiap pengaturan atau perubahan apapun yang anda terapkan pada layer mask, juga akan berpengaruh langsung pada isi/konten layer refleksi. Sudah bingung? Haha, mari langsung praktekkan saja kalau gitu.

Selanjutnya, pilih Gradient Tool (G) pada toolbar dan terapkan pengaturan pada Option Bar yang terletak di bawah menu Photoshop seperti di bawah ini.

Memilih-Gradient-Tool-di-Toolbar-dan-pengaturan-option-barnya

Kemudian, klik pada bagian terbawah teks yang terbalik tersebut sebagai titik pertama dan titik terakhirnya pada bagian tengah teks utama. Setelah anda selesai melakukan klik tersebut, anda akan melihat bahwa layer yang memiliki layer mask, teksnya akan samar bahkan terhapus (tersembunyi) karena pengaruh masking yang anda lakukan.

Masking-layer-untuk-dijadikan-bayangan-menggunakan-Gradient-Tool

Silahkan bereksperimen dengan melakukan klik menggunakan gradient tool ini berkali-kali atau tidak hanya dari arah bawah keatas tetapi juga menyamping dan seterusnya.

Untuk mengembalikan gambar teks pada tampilan awalnya karena bisa saja anda melakukan kesalahan atau hasilnya tidak sesuai dengan keinginan, gunakan Ctrl + Alt + Z berkali-kali pada keyboard untuk kembali (Undo) pada kondisi sebelumnya. Atau, klik kanan pada layer mask lalu pilih Delete Layer Mask untuk menghapusnya dan tambahkan lagi layer mask seperti pada langkah-langkah yang sudah anda pelajari.

Dan, itu merupakan akhir dari tutorial cara membuat efek emas pada teks (gold text effect) menggunakan Photoshop dan membuat refleksi/pantulannya (bayangan) yang realistik/nyata.

Hasil-akhir-teks-dengan-efek-emas-di-Photoshop

Jika anda memiliki pertanyaan terkait langkah-langkah pada panduan ini, silahkan menanyakannya pada komentar. Terima kasih dan semoga bermanfaat. Jangan lupa juga mengecek tutorial-tutorial lainnya dalam blog ini.

Untuk menunjang proses belajar anda, baca juga: Cara Membuat Gambar Abstrak Mosaik Di Photoshop.

Dan, jangan lupa ingat atau bookmark blog ini, ya. Karena, kedepannya akan lebih banyak lagi tutorial photoshop keren dan kreatif yang akan dibagikan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »