Membuat Foto Tambah Keren Dengan Matte Effect Di Photoshop

efek-foto-matte-effect-di-photoshop

Efek foto Matte Effect di Photoshop - Kali ini DesainGrafisTut.blogspot.com akan menyajikan tutorial Photoshop yaitu menerapkan efek matte pada hasil fotografi anda.

Efek matte ini pada dasarnya membuat foto (permukaan) terkesan seperti tertutupi oleh kabut sehingga fokus pada gambar menjadi lebih halus (soft). Pada banyak website, anda bisa dengan mudah melihat banyak hasil fotografi yang sudah diedit menggunakan efek ini. Selain menjadi salah satu efek foto populer hingga saat ini, menerapkan efek ini juga akan membuat foto anda terlihat lebih keren, apalagi jika ingin menguploadnya di Instagram agar variasi gambar yang anda tampilkan menjadi lebih beragam.

Untuk tutorial ini, saya menggunakan foto dari pak Clem Onojeghuo dari Unsplash.com. Silahkan, jika ingin menggunakan foto yang sama. Namun, jika memakai gambar sendiri pun bisa juga.

Pada panduan ini juga, efek tersebut diperoleh dengan menggunakan 4 Adjustment layer yang berada di bagian bawah panel layer Photoshop. Ke-empat tools tersebut dapat anda lihat pada gambar dibawah ini.

Adjustment-layer-di-photoshop

Gambar yang diberi lingkaran berwarna biru adalah letak adjustment layernya yang ketika di klik maka akan muncul banyak pilihan menu termasuk 4 yang saya sebutkan sebelumnya yaitu memakai Color lookup, Photo filter, Hue/Saturation, dan Curves.

Karena anda sudah tahu apa saja yang akan digunakan dan bagaimana mengaksesnya, maka sebaiknya kita mulai langkah-langkah pembuatannya, sekarang.

1. Menggunakan Color Lookup dan pengaturannya


Sebagai adjustment layer yang pertama, tools ini pasti banyak yang jarang menggunakannya. Padahal, jika dilihat, sangat bermanfaat sekali untuk memberikan efek praktis pada foto anda.

Jika anda sudah membukanya, pada bagian 3DLUT File pilih Moonlight.3DL untuk membuat foto memiliki tone yang berwarna biru (malam/cahaya bulan). Hal ini dilakukan karena foto yang saya gunakan sepertinya di potret pada siang hari dengan intensitas cahaya yang didominasi oleh warna panas (kuning). Setelah itu, ubah Fill layer menjadi 25%.

Pengaturan-color-lookup-untuk-matte-effect-di-photoshop

Setidaknya, dengan menggunakan langkah ini, anda dapat melihat bahwa saat ini, foto menjadi kurang cerah dibanding sebelumnya karena gambar aslinya sudah di overlay (tumpang tindih) dengan efek biru (dingin).

2. Menggunakan Curves untuk efek matte pada foto


Langkah kedua ini adalah yang sangat penting karena efek matte yang akan anda buat bisa langsung diterapkan dengan menggunakan curves adjustment layer. Pengaturan yang saya terapkan adalah sebagai berikut

Pengaturan-curves-untuk-matte-effect-di-photoshop

Pada gambar diatas, pilih edit points to modify the curve yang memiliki ikon garis bergelombang (kurva) diatas ikon pensil, lalu buat 4 titik kurva (poin) seperti pada gambar. Titik paling atas kanan biarkan saja demikian, sedangkan sisa ketiganya, anda harus memasukkan nilai Input dan Output-nya. Masukkan manual saja angka-angka diatas, jika kesusahan menggunakan poin kurva. Yang penting, titik-titiknya sudah anda buat sebelumnya. Cara membuatnya pun sangat mudah, cukup klik saja bagian dalam kurva tersebut.

Setelah menerapkan pengaturan diatas, foto anda akan terlihat seperti diselimuti kabut (dull) dan seperti inilah efek matte yang sering digunakan dalam fotografi maupun perfilman. Tentu saja, intensitas yang digunakan berbeda-beda. Toh, ini kan cuman pengantar saja dulu.

3. Menurunkan saturasi warna menggunakan Hue/Saturation


Fungsi pada langkah ini adalah untuk menurunkan intensitas warna pada foto (desaturate) untuk membuatnya terkesan tua dan agar tidak banyak terdapat warna yang cerah yang mendominasi foto. Langkah ini juga sifatnya opsional, jadi silahkan diikuti atau tidak sama sekali. Terserah anda.

Jika menginginkan penurunan intensitas warna fotonya, ini pengaturan yang saya terapkan.

Pengaturan-hue-and-saturation-untuk-matte-effect-di-photoshop

Bisa dilihat sekarang kan, kalau fotonya sudah sedikit menurun tingkat kecerahan (warna) secara keseluruhan?

4. Pengaturan pada Photo Filter


Karena toning warna pada foto adalah dominasi warna biru dari langkah pertama menggunakan color lookup, langkah ini kita akan mengubahnya menjadi oranye menggunakan photo filter adjustment layer.

Alasan penggunaan warna orange ini karena akan lebih baik menurut saya untuk menampilkan warna foto yang hangat agar yang melihatnya bisa merasakan pesan dari gambar tersebut. Ini setingan pada tahap ini.

Pengaturan-photo-filter-untuk-matte-effect-di-photoshop

Dan, langkah tersebut juga menjadi tahap akhir tutorial cara membuat matte effect pada foto di Photoshop. Bagaimana. Mudah, kan?

Ini adalah gambar sebelum dan sesudah menerapkan efek foto ini.

Before-and-after-photoshop

Menarik kan hasil yang didapatkan? Selain itu, dengan langkah dan pengaturan yang sama, coba terapkan pada foto yang berbeda dan lihat perbandingannya. Coba aja pakai foto sendiri.

Sepertinya, itu saja untuk saat ini. Jika ingin mengetahui lebih jauh mengenai efek foto lainnya, silahkan baca:
Terima kasih sudah membaca. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan sampaikan pada kolom kemantar. Jangan lupa juga untuk share tutorial ini dengan teman-teman anda.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »