Trik Termudah Dan Tersingkat Untuk Meningkatkan Warna Foto Di Photoshop

Tutorial-Photoshop-cara-mudah-meningkatkan-warna-foto

Hampir setiap orang sekarang memiliki kamera atau setidaknya smartphone yang bisa digunakan untuk mengambil gambar. Baik selfie maupun foto landscape tentang pemandangan alam, terkadang peralatan dan kondisi pencahayaan tidak begitu mendukung untuk menampilkan warna sesuai dengan kondisi yang setidaknya mirip dengan apa yang dilihat oleh lensa mata kita.

Oleh karena itu, pada tutorial Photoshop kali ini, anda akan diberikan trik yang mudah dan dapat anda aplikasikan hanya dalam beberapa detik saja. Tujuannya adalah untuk mendapatkan gambar yang lebih tajam lagi karena warna yang ada dalam foto tersebut sudah di naikkan (ditingkatkan) sehingga tampil dalam paduan warna yang lebih realistik.

Karena, harus diakui terkadang banyak juga foto yang ada dan beredar di internet, terlihat sangat mengganggu karena warna yang ditampilkannya tidak seimbang. Apalagi kalau sudah berkoar-koar sebagai seorang Fotografer dan dianggap sudah ahli oleh yang lainnya. Padahal megang kamera aja baru bentar, doank.

Mari mulai tutorialnya!

1. Persiapkan foto yang akan digunakan


Yang perlu anda siapkan adalah satu foto saja. Akan lebih baik jika foto anda di alam terbuka yang berisi wajah (orang) dan juga sedikit pemandangan atau menampilkan sedikit bagian dari alam itu sendiri.

Saya menggunakan foto diatas yang didalamnya adalah gambar seorang balita dengan latar belakangnya yaitu rumput (alam).

Jadi, jelas bahwa ada dua elemen untuk dijadikan perbandingan yaitu warna kulit dan warna alam.

Jika tidak memungkinkan anda untuk menyiapkan gambar dengan kedua elemen tersebut, cukup menyiapkan foto selfie saja. Tidak masalah sama sekali karena poin inti dari panduan ini adalah fokus pada warna kulit alami manusia, sering juga diistilahkan sebagai skin tone.

2. Buka foto anda di Photoshop


Untuk memuat foto anda masuk ke dalam software ini, cukup tekan Ctrl+O pada keyboard, lalu ikuti petunjuknya dengan mencari lokasi penyimpanan foto yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Bisa juga dengan memilih menu File – Open.

Dan, seharusnya tidak akan ada permasalahan setelah mengikuti langkah diatas untuk menampilkan gambar di Photoshop.

3. Meningkatkan warna foto menggunakan Vibrance


Setelah anda membuka foto menggunakan cara ke-dua, langsung cari tool yang terletak di bawah layer panel anda dengan nama Create new fill or adjustment layer. Simbol/ikon tool ini adalah lingkaran yang berwarna abu-abu dan hitam. Jika sudah ketemu, silahkan langsung di klik. Setelah itu akan muncul beberapa opsi/pilihan. Yang perlu anda lakukan adalah menemukan opsi Vibrance dan memilihnya.

Dalam Vibrance ini, terdapat 2 pilihan yang bisa anda atur dan akan secara otomatis anda lihat hasilnya pada foto, yaitu vibrance itu sendiri dan Saturation.

Saat saya menggunakan foto balita ini, saya langsung mengatur vibrance-nya mentok ke arah kanan dan value-nya menjadi +100 dan saturation saya biarkan saja tanpa ada perubahan seperti gambar dibawah ini.

Pengaturan-Vibrance-adjustment-layer-di-Photoshop

Coba lakukan hal yang sama pada foto yang anda gunakan untuk praktek. Dengan menggunakan foto ini, maka pekerjaan saya selesai tanpa melakukan hal lainnya atau pengeditan lebih lanjut.

Jika foto anda terlalu berwarna atau intensitas warnanya terlalu tinggi, maka anda hanya perlu untuk mengurangi nilai vibrance tersebut dengan cara mengetikkan langsung angkanya atau menggeser tanda panah dalam opsinya ke sebelah kiri.

Masih dalam tool yang sama, jika saya merubah Saturation dengan angka yang sama yaitu 100 seperti pada angka Vibrance, maka hasilnya akan terlihat kurang realistik karena tidak menampilkan warna alami kulit manusia.

Pengaturan-pada-Saturation-sebagai-perbandingan-dengan-Vibrance

Pengaturan yang saya lakukan menggunakan saturation diatas memang bisa menaikkan intensitas warna, hanya hasilnya jadi aneh. Bahkan, ketika melihat gambarnya secara full, justru malah mengganggu mata.

Namun, jika valuenya sedikit dikurangi seperti gambar dibawah ini, hasilnya setidaknya lebih baik dari sebelumnya.

Menurunkan-nilai-Saturation-untuk-mendapatkan-warna-foto-yang-lebih-baik

Skin tone-nya terlihat lebih alami dan warnanya saat ini jauh lebih baik dari foto aslinya.

Saat saya melihat secara keseluruhan foto, warna sekitar objek utama juga menjadi lebih baik dan natural seperti warna rumput atau mungkin dedaunan, langit, laut dan sebagainya.

Karena dalam Vibrance adjustment layer ini terdiri dari 2 opsi yang bisa anda atur nilainya, maka ada beberapa tips yang bisa anda manfaatkan terutama kapan untuk menggunakan kedua pilihan tersebut, yaitu:
  • Gunakan Vibrance untuk menaikkan intensitas warna pada foto yang berisi manusia/orang karena memiliki pengaruh terutama pada skin tone (warna kulit).
  • Gunakan Saturation untuk peningkatan warna objek selain manusia yang dalam kebanyakan hal seperti foto landscape.
Pada contoh foto yang saya gunakan, alasan kenapa tidak menggunakan saturation adalah karena opsi tersebut mempengaruhi warna secara keseluruhan, tanpa peduli apakah itu kulit manusia atau bukan. Sedangkan vibrance, sebaliknya. Malah, meningkatkan juga warna yang selainnya dengan intensitas yang kecil sehingga foto tetap bisa ditampilkan tanpa mengganggu lensa mata kita.

Pelajari juga:
Cara Membuat Gambar Background Abstrak Mosaik Di Photoshop, atau;
- Cara Membuat Efek Teks Emas (Gold Text Effect) Menggunakan Photoshop.

Nah, itu saja tutorial Photoshop singkat ini. Semoga bisa bermanfaat bagi anda. Jangan lupa, coba juga trik ini pada beberapa foto lainnya untuk melihat perbedaan yang bisa anda dapatkan. Sekarang, silahkan upload gambar-gambar tersebut di media sosial yang anda gunakan. Tapi, jangan pamer loh ya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »