5 Langkah Mudah Membuat Efek Foto Retro Di Photoshop

Efek-foto-retro-di-Photoshop

Kali ini kita akan belajar cara merubah foto baru dengan format landscape (pemandangan alam) dengan menerapkan efek retro (helga) sederhana menggunakan Photoshop.

Foto pada panduan ini menggunakan gambar windmill (kincir angin) dari Pixabay.

Efek retro helga sendiri merupakan salah satu efek foto tua (old, aged) yang banyak ditemui pada hasil fotografi terdahulu dengan berbagai keterbatasan kamera yang ada. Banyak juga yang menyebutnya seagai gambar menggunakan lomo effect (kelihatannya seperti itu sih).

Mari kita mulai!

1. Menerapkan matte effect sederhana pada foto

Efek matte pada foto secara sederhana mengubah foto agar memiliki efek kabut pada beberapa atau sebagian bahkan keseluruhan bidang gambar yang tampak transparan.

Pada proses pembuatannya, kali ini kita akan menggunakan Gradient Map adjustment layer dengan perpaduan antara warna putih dan coklat. Berikut pengaturan yang bisa anda terapkan pada layer tersebut.

Efek-foto-retro-gradient-map-di-photoshop

Pada gambar diatas, setelah merubah warna gradient-nya, jangan lupa untuk menurunkan nilai Opacity layer menjadi 50%.

2. Merubah warna foto menjadi tua

Setelah langkah pertama diatas selesai, pada tahap ini kita akan merubah tampilan foto baru tersebut menjadi terlihat seperti foto lama menggunakan Photo Filter dengan pengaturan sebagai berikut.

Efek-foto-retro-photo-filter-di-photoshop

Jika anda lihat hasil gambar sesaat setelah menggunakan adjustment layer yang kedua ini, maka akan tampak bahwa foto anda saat ini memiliki tone dengan warna yang hangat yang sedikit banyak mengindikasikan efek foto lama. Terutama, sangat berpengaruh pada background biru yang juga mendominasi pada gambar yang kita gunakan.


3. Menambah detail tekstur pada foto

Tahap ketiga ini bersifat opsional bagi anda, bisa diikuti ataupun tidak. Karena secara keseluruhan anda sudah mendapatkan foto dengan efek tua, maka saya rasa mungkin perlu adanya detail tambahan untuk memberikan tekstur yang sedikit menambah kesan tua pada foto tersebut.

Cara yang digunakan adalah dengan menggunakan filter noise pada Photoshop. Jika ingin menerapkan detail ini, buat layer baru (blank) lalu isi dengan warna 50% Gray menggunakan Shift + F5 pada keyboard, kemudian ubah blend modenya menjadi Overlay.

Setelah itu, pilih menu Filter – Noise – Add Noise dan atur Amount-nya menjadi 3%, pilih Gaussian dan aktifkan juga Monochromatic agar noisenya menjadi hitam putih.

Efek-foto-retro-add-noise-di-photoshop

Klik Ok jika sudah selesai untuk menutup kotak dialognya dan coba perhatikan foto sebelum dan setelah menerapkan detail pada tahap ini. Anda juga bebas ingin menggunakan pengaturan lain yang anda butuhkan, bahkan mungkin filter lainnya untuk menambahkan detail pendukung agar foto tua tersebut terlihat lebih menarik lagi.

4. Merubah kecerahan foto

Jika diperhatikan lagi, mungkin anda juga akan melihat dan merasa bahwa fotonya tampak terlalu cerah atau terang dan mungkin sedikit mengganggu mata. Oleh karena itu, tahap ini berguna untuk menurunkan nilai kecerahan foto tersebut menggunakan Brightness/Contrast dengan hanya mengurangi nilai brightness-nya menjadi -25, sementara contarst¬-nya kita biarkan saja tetap pada angka 0 (nol).

Efek-foto-retro-brightness-contrast-di-photoshop


5. Membuat efek vignette

Efek ini pada dasarnya terlihat seperti frame (bingkai) dengan bentuk yang biasanya bulat dan sebagainya selain bentuk kotak persegi panjang/garis sebagaimana bingkai foto pada umumnya.

Dan, pada tutorial ini kita akan menggunakan bentuk bundar tersebut dengan tujuan agar fokus utama pada gambar tampil lebih tegas dan jelas. Pada gambar yang kita gunakan ini, sudah pasti bahwa objek utamanya adalah bangunan kincir angin yang terletak di negeri antah-berantah tersebut.

Untuk menciptakan efek vignette ini, gunakan Gradient Fill transparan dengan warna hitam putih dimana opacitynya diubah menjadi 0 dan warna hitam dengan opacity 100%. Berikut pengaturan dan hasil yang akan didapatkan.

Efek-foto-retro-vignette-di-photoshop

Secara otomatis, bentuk bulat (warna transparan) vignette akan berada ditengah bidang gambar baik secara vertikal maupun horisontal. Untuk merubah posisinya agar melingkari objek utama seperti diatas, saat gradient fill terbuka, langsung klik pada bagian atas foto dan tahan. Kemudian, arahkan lingkaran tersebut agar berada pada bagian tengah objek utama yang ingin anda tampilkan.

Setelah itu, ubah nilai Opacity pada layernya menjadi 30%. Dan, selesai sudah panduan pembuatan efek foto kali ini sebab ini merupakan tahap akhir dari tutorial yang sedang anda baca.

Selamat. Kalau ingn melihat hasil akhirnya, ini yang saya dapatkan menggunakan panduan ini.

Efek-foto-retro-di-Photoshop

Saat ini anda sudah tahu cara membuat efek foto retro pada foto baru menggunakan Photoshop.

Jika anda memiliki pertanyaan terkait langkah-langkah yang disajikan, silahkan sampaikan via komentar di bawah. Ingat juga untuk membagikan tutorial ini di Facebook, twitter, dan media sosial lainnya yang anda gunakan.

Jangan lupa, baca juga tutorial Photoshop lainnya terkait dengan efek-efek foto seperti:

Terima kasih sudah mejadikan blog ini tempat belajar anda, semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »