Cara Memperkecil Ukuran Foto Untuk Digunakan di Blog Menggunakan Photoshop

Tentunya terdapat banyak cara dan software yang bisa digunakan untuk memperkecil ukuran foto (resize), termasuk image viewer itu sendiri yang secara otomatis ada di laptop/pc anda. Dari sekian banyak yang bisa anda gunakan, bagi penulis pribadi, menggunakan Photoshop selalu menjadi pilihan utama.

Jika anda adalah seorang Blogger ataupun pemilik sebuah Website, tentunya anda sudah tahu dengan baik bahwa menyematkan minimal satu gambar pada berbagai postingan/artikel seolah menjadi keharusan. Selain merupakan salah satu jenis dan bagian dari sebuah konten, foto juga bisa memberikan nilai estetik yang membuat suatu konten menjadi lebih menarik lagi.

Permasalahan yang muncul kemudian adalah, banyak blog/situs yang memasukkan gambarnya sesuai dengan kondisi asli saat foto tersebut diambil. Gambarnya memang berkualitas tinggi. Namun, semakin besar kualitas yang anda inginkan, bukan hal yang asing lagi jika itu juga menuntut kuantitas yang besar (kapasitas). Disisi lain, hal ini pasti akan sangat berpengaruh pada loading (waktu muat) blog anda dan juga akan cepat mengurangi hosting jika memang menggunakan yang berbayar.

Hal-hal yang perlu menjadi perhatian saat ingin merubah besar kecilnya suatu foto yaitu, selain bisa merubah ukuran (dimensi) dan kapasitas gambar, hasil yang didapatkan pun harus memiliki kualitas yang sama atau setidaknya tidak begitu berbeda dengan aslinya. Dan, penggunaan Photoshop bisa melakukan hal yang demikian jika anda tahu caranya.

Oleh karena itu, dalam tutorial kali ini, anda akan disajikan caranya dimana gambar yang tadinya berukuran lebih dari 4,92 MB bisa berubah drastis kapasitasnya menjadi 48,4 kb saja dengan langkah yang mudah dan singkat.

Yuk, kita mulai!

Cara memperkecil ukuran foto untuk digunakan di blog/website menggunakan Photoshop


Saya menggunakan foto dari Unsplash dengan kapasitas sebagaimana yang telah dijelaskan diatas dan membukanya di Photoshop dan hasil yang didapatkan bisa anda lihat d bawah ini.

Memperkecil-ukuran-foto-di-photoshop

Setelah anda membuka foto yang ingin diubah dimensi dan kapasitasnya di Photoshop, hal selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah langsung menyimpan foto tersebut pada drive komputer. Biasanya, untuk menyimpan foto atau desain dengan berbagai pilihan format yang disediakan, kebanyakan akan menggunakan shortcut Shift + Ctrl + S atau melalui menu File - Save As.

Menggunakan cara diatas, memang bisa mengurangi kapasitas file gambar apalagi jika menyimpannya dengan format JPG dan Jpeg dengan mengurangi kualitasnya. Namun, tidak akan merubah dimensi (width dan height) foto.

Oleh karena itu, cara yang harus anda gunakan adalah dengan menekan Alt + Shift + Ctrl + S atau File + Save for Web. Berikut pengaturan yang saya terapkan pada gambar yang saya gunakan ini.

Save-for-web-memperkecil-ukuran-foto-di-photoshop

Pada settingan diatas, format yang saya pakai untuk menyimpan gambar ini adalah JPEG. Tentunya ada beberapa format lainnya, namun lebih terbatas dibanding dengan menyimpannya dengan cara yang pertama. Kemudian, saya juga mengurangi kualitasnya (quality) menjadi 60. Jika anda menggunakan gambar lain, silahkan sesuaikan sepanjang tetap memperhatikan tampilan dari gambar tersebut.

Pada opsi Image Size saya juga mengatur ukuran lebar gambar (W/width) menjadi 527 sesuai dengan ukuran lebar ruang untuk postingan di blog ini dan secara otomatis tinggi gambar (H/height) akan menyesuaikan sepanjang ikon link (rantai) aktif agar dimensi gambar tetap proporsional. Bisa dilihat juga bahwa Percent yang merupakan persentase gambar asli (100%) berubah pula secara otomatis menjadi 9.63%.

Setelah itu, silahkan langsung klik Save untuk menyimpan gambar yang akan anda gunakan.

Untuk menyimpan gambar desain yang hanya terdiri dari warna solid, baiknya menggunakan format PNG agar kapasitasnya semakin sedikit tanpa mengurangi kualitas dari desain tersebut. Silahkan juga berkeksperimen dengan gambar lainnya dan pengaturan yang tersedia menggunakan cara ini untuk memperkecil ukuran dan kapasitas foto anda.

Terima kasih dan semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin anda tanyakan, sampaikan langsung melalui komentar di bawah ini.

Baca juga:

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »