Membuat Sendiri Motif atau Pola Ombak Abstrak di Photoshop

Masih berkutat dengan karya seni abstrak yang saya sendiri entah akan menerjemahkannya dengan makna seperti apa. Kali ini pun pada tutorial ini, anda akan mempelajari cara membuat sendiri gambar dengan motif atau pola ombak abstrak menggunakan Photoshop CS6. Entah akan digunakan sebagai gambar untuk sablon kaos, gambar latar laptop/komputer dan sebagainya, terserah anda.

Selain itu, panduan ini juga sebenarnya berguna untuk mengetahui sejauh mana kemampuan Photoshop untuk mengakomodasi kebutuhan akan ide-ide yang sudah anda miliki. Hasil akhir yang akan anda peroleh dengan mengikuti langkah-langkah yang akan dijabarkan dapat anda lihat pada tampilan gambar dibawah ini.

Ombak-abstrak-di-photoshop

Jika berminat untuk mempelajarinya, silahkan ikuti tahap demi tahap yang harus anda lakukan berikut ini!

1. Dokumen atau lembar kerja baru

Pada step pertama ini, anda akan membuat dokumen baru dengan ukuran 750 px X 400 px, resolusi 72 Pixels/Inch, dan isi dengan warna latar Putih (white). Jika sudah, copy layer background baru tersebut dan ubah namanya menjadi Wave_Base atau nama lainnya yang diinginkan. Pada layer duplikat ini, anda akan membuat bentuk abstrak dasar dari gambar yang telah anda lihat diatas dengan menggunakan filter yang tersedia. Jangan lupa juga untuk mengubah layer ini menjadi Smart Object untuk mengantisipasi jika nantinya anda ingin merubah satu atau beberapa seting pada filter yang dipakai.

2. Menerapkan beberapa filter dan pengaturannya

Lebih jelasnya, anda akan menggunakan 3 jenis filter yang berbeda pada langkah kedua ini yaitu Add Noise, Motion Blur dan Wave. Setingan ketiganya adalah sama dengan apa yang telah diterapkan pada tutorial sebelumnya saat membuat gambar segitiga abstrak. Lihat gambar dibawah untuk lebih jelasnya.

pengaturan-filter-untuk-gambar-ombak-abstrak-di-photoshop

Dari pengaturan diatas, terlihat bahwa filter pertama yang harus anda pilih adalah Add Noise, kemudian Motion Blur, lalu lanjut ke filter terakhir yaitu Wave. Untuk memperoleh hasil yang serupa dengan apa yang ditampilkan pada gambar pertama dalam tutorial ini, usahakan bahwa urutan penggunaan filter tersebut harus sama persis sesuai dengan penomoran pada gambar yang telah disertakan diatas (tidak boleh berbeda).

3. Aplikasi warna menggunakan Adjustment Layer

Terdapat 4 adjustment layer yang akan digunakan. Yang pertama adalah Gradient Fill. Warna gradasi yang saya pakai dalam panduan ini adalah Violet, Orange yang merupakan salah satu paduan warna bawaan (default) dari Photoshop itu sendiri. Berikut setingan yang harus anda terapkan.

gradient-fill-di-photoshop-untuk-gambar-ombak-abstrak

Terlihat bahwa setelah memilih dan mengatur gradientnya, anda juga harus merubah blend mode layernya menjadi Lighten. Setelah itu, terapkan adjustment layer kedua yaitu Solid Color dengan memilih warna biru (0008a9) dan ubah blend modenya menjadi Exclusion. Dan, yang ketiga adalah menggunakan Photo Filter dengan pengaturan seperti berikut.

photo-filter-di-photoshop-untuk-gambar-ombak-abstrak

Sejauh ini, lancar jaya ya sobat? Jika iya, mari kita lanjutkan ke tahap berikutnya!

Langkah selanjutnya bersifat opsional, bisa anda ikuti ataupun tidak. Kenapa? Karena nantinya anda akan menggunakan kembali gradient fill jika warna pada gambar abstrak dari hasil langkah diatas ingin anda ubah. Jika tidak, silahkan langsung lewati untuk menuju step lainnya. Untuk mengubahnya, pilih kembali gradient seperti yang anda lakukan sebelumnya. Mengenai pengaturan warna yang digunakan dan sebagainya, dapat anda lihat dibawah ini.

gradient-fill-kedua-di-photoshop-untuk-gambar-ombak-abstrak

Penggunaan 3 warna untuk gradasi diatas juga masih sama dengan tutorial pada pembuatan abstrak segitiga yang telah saya sampaikan di awal.

4. Pengaturan Brightness/Contrast

Dengan menggunakan gradient kedua pada langkah diatas, hasil yang didapatkan tampak didominasi dengan warna putih (terang). Maka dari itu, pada langkah ke-4 ini yang juga merupakan langkah akhir, anda akan merubahnya supaya terlihat lebih berwarna dengan kombinasi warna yang tampak seimbang. Caranya adalah juga dengan menggunakan adjustment layer yaitu Brightness/Contrast. Seting brightnessnya menjadi -65 dan contrastnya pada angka 100 (full).

Dan, selamat!

Karena memang sudah tidak ada lagi langkah lainnya untuk membuat gambar dengan motif atau pola ombak abstrak menggunakan Photoshop. Jika anda mendapatkan manfaat dari tutorial ini, silahkan bagikan menggunakan tombol media sosial yang telah disediakan atau dengan melakukan copy dan paste link panduan ini di media lainnya yang anda gunakan.

Jangan lupa untuk mempelajari juga tutorial lainnya seperti:

Terima kasih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »